IBX5980432E7F390 Tujuan Public Relations - PenerusPR

Tujuan Public Relations

                                                              


Ruang lingkup tugas public relations bagi seorang individu atau dalam sebuah organisasi, dibedakan menurut dua rung lingkup aktivitasnya yakni Internal Public Relations dan External Public Relations.


Tugas dalam Internal Public Relations di antaranya :
1)      Menyelenggarakan komunikasi persuasive dan informative kepada internal publik ( karyawan   (termasuk bawahan), pemegang saham), dan bukannya komunikasi koersif.
2)      Mendapat kepercayaan dari publik dalam
3)      Mendapatkan kesamaam pengertian tentang visi misi perusahaan dengan publik dalam
4)      Meningkatkan kegairahan kerja karyawan.
5)      Pencapaian tujuan tersebut dia ntara bisa dicapai melalui bentuk komunikasi informative persuasive seperti : Writing information, di antaranya dalam bentuk surat, papers, bulletin, brosur.
6)      Speaking information, di antaranya dalam bentuk briefing, rapat, diskusi terbuka, ceramah.
7)      Concelling dengan menyelenggarakan pelatihan/penyuluhan langsung mengenai suatu masalah kepada para karyawan melalui karyawan lain yang sudah terlebih dahulu dibina.

Tugas dalam External Public Relations di antaranya :
1.      Menilai sikap dan opini publik terhadap kepemimpinan, terhadap para pegawai dan medote yang digunakan.
2.      Memberikan advis dan bimbingan pada pimpinan tentang segala sesuatu yang ada hubungannnya dengan public relations mengenai aktivitas-aktivitas.
3.      Menanamkan image/citra positif perusahaan
4.      Menyelesaikan semua masalah yang berhubungan dengan publik, dengan bijaksana dan menggunakan win-win solution.
5.      Menjalih hubungan yang harmonis dengan semua publik luar, mulai dari masyarakat, pemerintahan sampai media massa.
6.      menyususn staf yang benar-benar ahli di bidang public relations.

Tujuan-tujuan itu di antaranya bisa dicapai melalui bentuk komunikasi:
·         Personal Contact (Kontak Personal), mengadakan hubungan yang baik dengan para individu yang berhubungan dengan perusahaan.
·         Press Release, dengan selalu menginformasikan secara positif kegiatan perusahaan/organisasi melalui media masssa.
·         Press Relations, dengan menjalin hubungan yang baik dengan media massa.Press Briefing/Press Conference. Dalam kondisi tertentu menyelenggarakan konferensi pers untuk menjelaskan kejadian/masalah di perusahaan yang mendapat sorotan publik.
·         Publicity and Adveritising. Tidak ada salahnya menempuh jalur “mengiklankan diri” untuk mendapat perhatian publik.
·         Internet, Radio and television. Memanfaatkan fungsi dan kekuatan Internet, radio maupun televisi sebagai media penyampai informasi dan media yang mampu menginfluence komunikan.
·         Presentation, melakukan presentasi untuk memperkenalkan atau mengiklanklan suatu jasa.
·         Film. Membuat film dokumenter atau film iklan untuk disebarluaskan / diinformasikan ke masyarakat.
·         Media komunikasi dan informasi lainnya. Menggunakan brosus, kalender, stiker untuk promosi.


Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Tujuan Public Relations"

Posting Komentar