Tujuan Public Relations
Ruang lingkup tugas public relations bagi seorang individu atau
dalam sebuah organisasi, dibedakan menurut dua rung lingkup aktivitasnya
yakni Internal Public Relations dan External Public Relations.
Tugas dalam Internal Public Relations di antaranya :
1)
Menyelenggarakan komunikasi
persuasive dan informative kepada internal publik ( karyawan (termasuk bawahan), pemegang saham), dan
bukannya komunikasi koersif.
2)
Mendapat kepercayaan dari publik
dalam
3)
Mendapatkan kesamaam pengertian
tentang visi misi perusahaan dengan publik dalam
4)
Meningkatkan kegairahan kerja
karyawan.
5)
Pencapaian tujuan tersebut dia ntara
bisa dicapai melalui bentuk komunikasi informative persuasive seperti : Writing
information, di antaranya dalam bentuk surat, papers, bulletin, brosur.
6)
Speaking information, di antaranya
dalam bentuk briefing, rapat, diskusi terbuka, ceramah.
7)
Concelling dengan menyelenggarakan
pelatihan/penyuluhan langsung mengenai suatu masalah kepada para karyawan
melalui karyawan lain yang sudah terlebih dahulu dibina.
Tugas dalam External Public Relations di antaranya :
1.
Menilai sikap dan opini publik
terhadap kepemimpinan, terhadap para pegawai dan medote yang digunakan.
2.
Memberikan advis dan bimbingan pada
pimpinan tentang segala sesuatu yang ada hubungannnya dengan public relations
mengenai aktivitas-aktivitas.
3.
Menanamkan image/citra positif
perusahaan
4.
Menyelesaikan semua masalah yang
berhubungan dengan publik, dengan bijaksana dan menggunakan win-win solution.
5.
Menjalih hubungan yang harmonis
dengan semua publik luar, mulai dari masyarakat, pemerintahan sampai media
massa.
6.
menyususn staf yang benar-benar ahli
di bidang public relations.
Tujuan-tujuan itu di antaranya bisa dicapai melalui bentuk
komunikasi:
·
Personal Contact (Kontak
Personal), mengadakan hubungan yang baik dengan para individu yang berhubungan
dengan perusahaan.
·
Press Release, dengan selalu
menginformasikan secara positif kegiatan perusahaan/organisasi melalui media
masssa.
·
Press Relations, dengan menjalin
hubungan yang baik dengan media massa.Press Briefing/Press Conference. Dalam
kondisi tertentu menyelenggarakan konferensi pers untuk menjelaskan
kejadian/masalah di perusahaan yang mendapat sorotan publik.
·
Publicity and Adveritising. Tidak
ada salahnya menempuh jalur “mengiklankan diri” untuk mendapat perhatian
publik.
·
Internet, Radio and television.
Memanfaatkan fungsi dan kekuatan Internet, radio maupun televisi sebagai media
penyampai informasi dan media yang mampu menginfluence komunikan.
·
Presentation, melakukan presentasi
untuk memperkenalkan atau mengiklanklan suatu jasa.
·
Film. Membuat film dokumenter atau
film iklan untuk disebarluaskan / diinformasikan ke masyarakat.
·
Media komunikasi dan informasi
lainnya. Menggunakan brosus, kalender, stiker untuk promosi.
0 Komentar Untuk "Tujuan Public Relations"
Posting Komentar