Fungsi Public Relations Officers
PRO (Ruslan,2006:26-27)
1)
Communicator
Sebagai juru
bicara organisasi, Pr berkomunikasi secara insensif melaui media dan kelompok
masyarakat. Hamper semua teknik komunikasi antar pesona ( interpersonal communication)
dipergunakan ,komunikasi lisan, komunikasi tatap muka sebagai mediator maupun
persuader.
2)
Relationship
Relationship yang
tidak harmonis beresiko menimbulkan
ketidakpuasan public yang pada akhirnya mengancam kelangsungan bisnis
perusahaan.
3)
Management
back up
Menunjang kegiatan
departemen lain dalam perusahaan seperti bagian pemasaran, operasianal,teknik ,
keungan , personalia demi terciptanya tujuan bersama.
4)
Good
image maker
Menciptakan citra
perusahaan dan publisitas positif, dalam dua decade terakhir, public mencermati
nama- nama pejabat PRO yang kerap muncul sebgai sumber perusahaan atau
organisasi yang diwakilinya.
Manajemen PR bearti melakukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi yang di sponsori oleh
organisasi. Bentuk kegiatan komunikasi dapat berupa penerbitan brosur
perusahaan, pertemuan-pertemuan kelopmpok kecil samapai apada kegiatan yang sangat
kompleks seperti konferensi pers dengan menggunakan satelit.
Fungsi – fungsi manajeman diantaranya :
a.
Penelitian
Pada dasarnya,
penelitian merupakan cara yang digunakan untuk memperoleh informasi dari public
baik internal maupun eksternal untuk memahami masalah yang dihadapi dengan
akurat dan metode ilmiah.
b.
Perencanaan dan pemrograman
Perencanaak dan
pemograman merupakan segala informasi atau data masukan atau input yang di
peroleh berkaitan denga hal atau permasalahan yang dihadapi ke dalam bentuk rencana tindakan untuk
pemecahannya.
c.
Pelaksanaan program
Pelaksanaan program
merupakan tahap dimana rencana program yang telah ditetapkan dilaksanakan atau
di implementasikan ke dalam suatu bentuk program aksi sebgai langkah nyata
pemecahan masalah PRO yang dihadapi berupa program komunikasi yang kesemunya
merupakan cara atau proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
d.
Evaluasi
merupakan suatu
tahap yang dilaksanakan untuk menentukan atau memperlihatkan nilai suatu
program termasuk pengelolaan maupun hasil atau dampak pelaksanaannya
Menurut Edward L Bernay (dalam Ruslan, 1999:19) fungsi
humas yakni :
1.
Memberikan
penerangan kepada masyarakat
2.
Melakukan
persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsung.
3.
Berupaya
untuk menginteegrasikan sikap dan perubuatan suatu lembaga/ badan, sesuai denga
sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.
0 Komentar Untuk " Fungsi Public Relations Officers"
Posting Komentar