IBX5980432E7F390 Fungsi Public Relations Officers - PenerusPR

Fungsi Public Relations Officers


PRO (Ruslan,2006:26-27)
1)      Communicator
Sebagai juru bicara organisasi, Pr berkomunikasi secara insensif melaui media dan kelompok masyarakat. Hamper semua teknik komunikasi antar pesona ( interpersonal communication) dipergunakan ,komunikasi lisan, komunikasi tatap muka sebagai mediator maupun persuader.
2)      Relationship
Relationship yang tidak harmonis  beresiko menimbulkan ketidakpuasan public yang pada akhirnya mengancam kelangsungan bisnis perusahaan.
3)      Management back up
Menunjang kegiatan departemen lain dalam perusahaan seperti bagian pemasaran, operasianal,teknik , keungan , personalia demi terciptanya tujuan bersama.
4)      Good image maker
Menciptakan citra perusahaan dan publisitas positif, dalam dua decade terakhir, public mencermati nama- nama pejabat PRO yang kerap muncul sebgai sumber perusahaan atau organisasi yang diwakilinya.


Manajemen PR bearti melakukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi yang di sponsori oleh organisasi. Bentuk kegiatan komunikasi dapat berupa penerbitan brosur perusahaan, pertemuan-pertemuan kelopmpok kecil samapai apada kegiatan yang sangat kompleks seperti konferensi pers dengan menggunakan satelit.

Fungsi – fungsi manajeman diantaranya :

a.      Penelitian
Pada dasarnya, penelitian merupakan cara yang digunakan untuk memperoleh informasi dari public baik internal maupun eksternal untuk memahami masalah yang dihadapi dengan akurat dan metode ilmiah.

b.      Perencanaan dan pemrograman
Perencanaak dan pemograman merupakan segala informasi atau data masukan atau input yang di peroleh berkaitan denga hal atau permasalahan yang dihadapi  ke dalam bentuk rencana tindakan untuk pemecahannya.

c.       Pelaksanaan program
Pelaksanaan program merupakan tahap dimana rencana program yang telah ditetapkan dilaksanakan atau di implementasikan ke dalam suatu bentuk program aksi sebgai langkah nyata pemecahan masalah PRO yang dihadapi berupa program komunikasi yang kesemunya merupakan cara atau proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

d.      Evaluasi
merupakan suatu tahap yang dilaksanakan untuk menentukan atau memperlihatkan nilai suatu program termasuk pengelolaan maupun hasil atau dampak pelaksanaannya

Menurut  Edward L Bernay (dalam Ruslan, 1999:19) fungsi humas yakni :
1.      Memberikan penerangan kepada masyarakat
2.      Melakukan persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsung.

3.      Berupaya untuk menginteegrasikan sikap dan perubuatan suatu lembaga/ badan, sesuai denga sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk " Fungsi Public Relations Officers"

Posting Komentar