Public Relations Officer
PR menurut para ahli
§ Menurut Jeffkins dan Daniel yadin
dalam bukunya berjudul Public Relations Frank jeffkins Revisi Daniel Yadin,
2002: 10
(Public Relations) adalah suatu
sistem komunikasi yang menumbuhkan niat baik.
§ Menurut Prof. Drs. H.A.W Widjaja dalam
bukunya yang berjudul Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, 2002: 54 Public
Relations adalah profesi yang mengurusi hubungan antara sesuatu unit dan
publiknya yang menentukan hidup unit itu.
§ Menurut M. Linggar Anggoro dalam bukunya, yang
berjudul Teori Profesi Kehutanan serta Aplikasinya di Indonesia 2000:2
PR adalah suatu seni sekaligus ilmu sosial yang menganalisa berbagai
kecenderungan, memprediksi setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap
kegiatannya, memberi masukan saran-saran kepada pemimpin organisasi dan
menginplementasikan program-program tindakan yang terencana untuk melayani
kebutuhan organisasi dan atau kepentingan khalayak umum.
Tugas seorang Public Relations Officer
Menurut PRSA (Public
Relations Society Amerika)
PR membantu dalam hal
pengambilan, pengambilan keputusan dan menjalankan fungsi-fungi yang lebih
efektif dengan cara memberikan kontribusi positif demi terciptanya kesepahaman
bersama diantara kelompok-kelompok dan istitusi yang terdapat dalam masyarakat
yang pluralistic dan kompleks. Hal ini membawa kebijakan privat dan kebijakan
umum kedalam suasana yang harmonis tanpa ada kontradikdi antara mereka.
PUBLIC RELATIONS melayani
berbagai macam institusi yang terdapat didalam masyarakat seperti dalam bisnis,
industry perdagangan, agen pemerintahan, asosiasi sukarelawan, lembaga- lembaga
donor, rumah sakit, sekolah , kampus- kampus dan bahakan isntitusi keagamaan. Untuk
mencapi tujuan itu, institusi- institusi sebgaimana yang telah disebutkan
diatas, diharuskan untuk mengembangkan relasi atau hubungan yang efektif dengan
berbagai macam audiens atau dengan audiensyang bergam dengan public yang
beragam pula, seperti miasalnya dengan para pekerja, anggota-anggota, konsumen,
komunitas local, shareholder dan institusi lainnya, dan tentnya dengan
masyarakat umum.
Sebagai pelaku fungsi –fungsi
menajemen, seorang PR Officer memiliki tugas diantanya:
1) Mengantisipasi, menganalisis dan
menterjemahkan atau memaknai opini public, perilaku dan isu-isu yang mungkin
mempengaruhi (baik itu pengaruh positif atau pengaruh negative), terhadap aktivitas
keorganisasian.
2) Manajeman konseling pada semua level
organisasi dengan menghormati pengambilan kebijakan.
3) Meneliti dan mengevaluasi
program-program yang berkelanjutan dan telah dijalankan dengan maksud untuk
menviptakan kesepahaman public yang sangat berpengaruh pada kesuksesan tujuan
organisasi. Hal ini mungkin meliputi sisi pemasaran, finansial, penambahan
baiaya, pegawai, community atau government relatiomship dan terhadap
program-program lainnya.
4) Merencanakan dan menginplementasikan
tujuan organisasi untuk mempengaruhi atau mengubah kebijakan public.
5) Menentukan tujuan, merencanakan,
pembiayaan, rekruitmen dan peltihan karyawan, mengembangkan fasilitas, pendek
kata dengan mengelola segala sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan
organisasi.
6) Berikut adalah adalah contoh
kapabilitas yang diperlukan oleh seorang Public Relations Officer meliputi
kemapuan
·
Seni berkomunikasi
·
Psikologi sosial
·
Sosiologi
·
Ilmu politik
·
Ekonomi
·
Asas-asas manajemen
·
Etika manajemen
0 Komentar Untuk "Public Relations Officer"
Posting Komentar