IBX5980432E7F390 Public Relations Officer - PenerusPR

Public Relations Officer



PR menurut para ahli

§  Menurut Jeffkins dan Daniel yadin dalam bukunya berjudul Public Relations Frank jeffkins Revisi Daniel Yadin, 2002: 10
(Public Relations) adalah suatu sistem komunikasi yang menumbuhkan niat baik.

§  Menurut Prof. Drs. H.A.W Widjaja dalam bukunya yang berjudul Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, 2002: 54 Public Relations adalah profesi yang mengurusi hubungan antara sesuatu unit dan publiknya yang menentukan hidup unit itu.

§  Menurut  M. Linggar Anggoro dalam bukunya, yang berjudul Teori Profesi Kehutanan serta Aplikasinya di Indonesia 2000:2
PR adalah suatu seni sekaligus ilmu sosial yang menganalisa berbagai kecenderungan, memprediksi setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberi masukan saran-saran kepada pemimpin organisasi dan menginplementasikan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan atau kepentingan khalayak umum.

Tugas seorang Public Relations Officer
Menurut PRSA (Public Relations Society Amerika)
PR membantu dalam hal pengambilan, pengambilan keputusan dan menjalankan fungsi-fungi yang lebih efektif dengan cara memberikan kontribusi positif demi terciptanya kesepahaman bersama diantara kelompok-kelompok dan istitusi yang terdapat dalam masyarakat yang pluralistic dan kompleks. Hal ini membawa kebijakan privat dan kebijakan umum kedalam suasana yang harmonis tanpa ada kontradikdi antara mereka.

PUBLIC RELATIONS melayani berbagai macam institusi yang terdapat didalam masyarakat seperti dalam bisnis, industry perdagangan, agen pemerintahan, asosiasi sukarelawan, lembaga- lembaga donor, rumah sakit, sekolah , kampus- kampus dan bahakan isntitusi keagamaan. Untuk mencapi tujuan itu, institusi- institusi sebgaimana yang telah disebutkan diatas, diharuskan untuk mengembangkan relasi atau hubungan yang efektif dengan berbagai macam audiens atau dengan audiensyang bergam dengan public yang beragam pula, seperti miasalnya dengan para pekerja, anggota-anggota, konsumen, komunitas local, shareholder dan institusi lainnya, dan tentnya dengan masyarakat umum.

Sebagai pelaku fungsi –fungsi menajemen, seorang PR Officer memiliki tugas diantanya:
1)      Mengantisipasi, menganalisis dan menterjemahkan atau memaknai opini public, perilaku dan isu-isu yang mungkin mempengaruhi (baik itu pengaruh positif atau pengaruh negative), terhadap aktivitas keorganisasian.
2)      Manajeman konseling pada semua level organisasi dengan menghormati pengambilan kebijakan.
3)      Meneliti dan mengevaluasi program-program yang berkelanjutan dan telah dijalankan dengan maksud untuk menviptakan kesepahaman public yang sangat berpengaruh pada kesuksesan tujuan organisasi. Hal ini mungkin meliputi sisi pemasaran, finansial, penambahan baiaya, pegawai, community atau government relatiomship dan terhadap program-program lainnya.
4)      Merencanakan dan menginplementasikan tujuan organisasi untuk mempengaruhi atau mengubah kebijakan public.
5)      Menentukan tujuan, merencanakan, pembiayaan, rekruitmen dan peltihan karyawan, mengembangkan fasilitas, pendek kata dengan mengelola segala sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi.
6)      Berikut adalah adalah contoh kapabilitas yang diperlukan oleh seorang Public Relations Officer meliputi kemapuan
·         Seni berkomunikasi
·         Psikologi sosial
·         Sosiologi
·         Ilmu politik
·         Ekonomi
·         Asas-asas manajemen
·         Etika manajemen









Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Public Relations Officer"

Posting Komentar