MANFAAT PUBLIC RELATIONS
Dalam bukunya yang berjudul “Public Relations”, Frank Jeffkins
menyebutkan manfaat khusus PR yang meliputi kegunaan PR dalam pengelolaan atau
pelaksanaan, antara lain :
ü Manajemen krisis
Tidak ada satu pun perusahaan yang bebas krisis. Minimal mempunyai
resiko mengalami krisis. Maka tim PR yang ada di dalam struktur perusahaan
bertugas untuk menyelesaikan krisis yang terjadi dengan serangkaian persiapan
dan kesiapan tersendiri.
ü Penerbitan Desk-top
PR bertanggung jawab atas jurnal internal komputer perusahaan. Oleh
karena itu, biasanya perusahaan memiliki bagian internal relations untuk
mengurusi hal tersebut.
ü Identitas perusahaan
Identitas perusahaan merupakan sebuah wahana komunikasi bagi
segenap karyawan perusahaan, para pemilik saham, para agen atau dealer,
konsumen, lembaga-lembaga keuangan dan berbagai pihak lainnya yang punya
kepentingan dan kaitan dengan organisasi. Tim PR adalah bagian yang bertanggung
jawab untuk menciptakan dan memelihara identitas sebuah perusahaan.
ü Hubungan parlementer
PR wajib menjalin hubungan parlementer yang baik. Hubungan
parlementer dalam konteks ini adalah hubungan-hubungan antara berbagai
organisasi dengan pihak pemerintah, para anggota parlemen, serta para birokrat
dari berbagai departemen dan instansi pemerintah. Legistator atau regulator
adalah publik yang sangat penting dalam keberlangsungan usaha suatu perusahaan.
ü PR financial
Sebagai sebuah perusahaan yang telah go public, maka
perusahaan memerlukan tim PR yang melakukan kegiatan-kegiatan PR di seputar
peristiwa keuangan atau bisnis dalam rangka mendukung rencana perusahaan
kliennya untuk memasuki bursa saham atau dalam rangka mendukung peluncuran
laporan keuangan tahunan
Menurut Cutlip
and Center, proses kerja PR meliputi :
a)
Fact Finding : Mendefinisikan
permasalahan yang dilakukan melalui penelitian dengan menganalisa situasi
berupa pemahaman, opini, sikap dan perilaku publik terhadap lembaga.
b)
Planning
: Berdasarkan pada rumusan masalah, dibuat strategi perencanaan dan
pengambilan keputusan untuk membuat program kerja berdasarkan kebijakan lembaga
yang juga disesuaikan dengan kepentingan publik
c)
Communicating : Dalam
tahap ini PRO harus mengkomunikasikan pelaksanaan program sehingga mampu
mempengaruhi sikap publiknya yang mendorong mereka untuk mendukung pelaksanaan
program tersebut.
d)
Evaluating : Tahap
ini melakukan penilaian terhadap hasil-hasil pelaksanaan program dari
perencanaan, pelaksanaan program, pengkomunikasian, sampai keberhasilan atau
kegagalan yang terjadi dari program tersebut.
0 Komentar Untuk "MANFAAT PUBLIC RELATIONS"
Posting Komentar