Tugas Pokok dan Fungsi PR Menurut beberapa Ahli
Tugas Pokok Public Relations
Adapun dalam menjalankan fungsi dalam manajemen PR memiliki
beberapa tugas pokok, yaitu :
Menurut Cutlip et al (2006) yang pertama adalah menulis
dan mengedit, dimana PR membuat rilis berita baik dalam bentuk cetak atau
siaran, cerita feature, newsletter untuk karyawan dan stakeholder, iklan
institusional dan materi-materi pendukung lainnya.
ü
Hubungan media dan penempatan
media dimana PR menghubungi media-media seperti surat kabar dan majalah
agar mereka mau mempublikasikan berita dan feature tentang perusahaan yang di
tulis oleh PR sendiri atau orang lain, kemudian PR juga merespon permintaan
informasi oleh media, memberikan verifikasi berita, dan membuka akses ke sumber
otoritas.
ü
Melakukan riset, dimana PR
mengumpulkan informasi tentang opini publik, tren dan isu yang sedang terjadi,
iklim politik dan peraturan-peraturan dari pemerintah, liputan media, opini
kelompok kepentingan dan pandanganpandangan pihak lain yang berpengaruh
terhadap stakeholder dari perusahaan, selain itu PR juga mencari data lewat
internet, jasa online dan data pemerintah dalam bentuk elektronik dan kemudian
mendesain riset program, melakukan survei dan menyewa perusahaan riset.
ü
Manajemen dan administrasi dimana PR
melakukan kegiatan pemrograman dan perencanaan dengan bekerja sama dengan
manajer lain untuk menentukan kebutuhan, menentukan prioritas, mendefinisikan
publik, seting dan tujuan, dan mengembangkan strategi dan taktik, PR menata
staff dari divisinya, anggaran dan jadwal program dari divisi PR.
ü
Konseling, dimana PR
memberi saran kepada manajemen dalam masalah sosial, politik, dan peraturan,
berkonsultasi dengan tim manajemen mengenai cara menghindari atau merespon
krisis dan kemudian bekerja sama dengan eksekutif perusahaan untuk menyusun
strategi mengelola atau merespon isu-isu sensitif dan kritis.
ü
PR mengadakan special
event,
dimana PR mengatur dan mengelola acara-acara khusus seperti konfrensi pers,
open house, grand opening, acara pengumpulan dana, program penghargaan dan
kegiatan-kegiatan khusus lainnya.
ü
Menjadi juru bicara dalam pidato, melatih orang
lain untuk memberikan kata sambutan dan mengelola juru bicara di depan audien
penting.
ü
Melakukan produksi, dimana ia
membuat saluran komunikasi dengan menggunakan keahlian dan pengetahuan media,
termasuk seni, tipografi, fotografi, tata letak, mempersiapkan presentasi audio
visual, perekaman dan mengedit audio dan video.
ü
Melakukan kegiatan pelatihan untuk
mempersiapkan eksekutif dan juru bicara lain untuk menghadapi media dan
tampil dihadapan publik, kemudian PR juga memberikan petunjuk kepada anggota internal
perusahaan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan menulis serta membantu
memperkenalkan perubahan dalam budaya, kebijakan, struktur, dan proses dalam
organisasi perusahaan.
ü
Melakukan kontak atau sebagai
penghubung dengan media, komunitas, dan kelompok eksekutif eksternal lainnya. Selain itu PR
juga menjadi mediator antara perusahaan dengan stakeholder penting untuk
mendengarkan pendapat, melakukan negosisasi, mengelola konflik, dan menjalin kesepakatan,
dan yang terakhir adalah menjadi tuan rumah dengan melakukan pertemuan dan
menyambut tamu dan pengunjung yang datang.
Fungsi Public Relations
Menurut Maria (2002), dalam buku Suryanto (2015) “Public relations merupakan satu bagian
dari satu nafas yang sama dalam organisasi, harus memberikan identitas
organisasinya dengan tepat dan benar serta mampu mengkomunikasikannya sehingga
publik menaruh kepercayaan dan mempunyai pengertian yang jelas dan benar
terhadap organisasi tersebut.”
Hal tersebut sekadar memberikan gambaran tentang fungsi public
relations, yaitu sebagai berikut :
1.
Kegiatan yang bertujuan memperoleh
itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari
publik atau masyarakat pada umumnya.
2.
Memiliki sasaran untuk menciptakan
opini publik yang dapat diterima dan menguntungkan semua pihak.
3.
Unsur penting dalam manajemen untuk
mencapai tujuan yang spesifik, sesuai dengan harapan publik, tetapi merupakan
kekhasan organisasi atau perusahaan.
4.
Menciptakan hubungan yang harmonis
antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, sekaligus menciptakan opini
publik sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau
perusahaan yang bersangkutan
0 Komentar Untuk "Tugas Pokok dan Fungsi PR Menurut beberapa Ahli"
Posting Komentar