Menurut Beberpa ahli tentang Tujuan PR
Menurut Charles S. Steinberg tujuan PR
adalah menciptakan opini publik yang favourable tentang
kegiatan–kegiatan yang dilakukan oleh badan yang bersangkutan
(Abdurachman,II001:II6).
Tujuan PR untuk mengembangkan pengertian dan kemauan baik (goodwill)
publiknya serta untuk memperoleh opini publik yang menguntungkan atau untuk
menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan yang harmonis dengan publik
(Soemirat dan ardianto,II00II:89).
Frank Jeffkins, dalam bukunya Public Relations mengemukakan bahwa ruang
lingkup tujuan PR itu ternyata sangat luas. Melalui serangkaian pembahasan yang
mendalam, maka beberapa di antaranya yang pokok adalah sebagai berikut :
·
Untuk mengubah citra umum di mata
khalayak sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan
perusahaan;
·
Untuk menyebarluaskan cerita sukses
yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan
pengakuan;
·
Untuk meningkatkan bobot kualitas
calon pegawai;
·
Untuk memperbaiki hubungan antara
perusahaan itu dengan khalayaknya, sehubungan dengan telah terjadinya suatu
peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham di kalangan
khalayak terhadap niat baik perusahaan;
·
Untuk mendidik para pengguna atau
konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan
produk-produk perusahaan;
·
Untuk mendukung keterlibatan
perusahaan sebagai sponsor dari penyelengaraan suatu acara;
·
Untuk memperkenalkan perusahaan
kepada masyarakat luas,serta membuka pasar-pasar ekspor baru;
·
Untuk mempersiapkan penerbitan saham
tambahan atau karena adanya perusahaan yang go public;
·
Untuk meyakinkan khalayak bahwa
perusahaan mampu bertahan atau bangkit setelah krisis;\
·
Untuk meningkatkan kemampuan dan
ketahananperusahaan dalam rangka menghadapi risiko pengambil alihan;
·
Untuk menciptakan identitas
perusahaan yang baru;
·
Untuk menyebarluaskan informasi
mengenai aktivitas dan partisipasi para pimpinan perusahaan organisasi dalam
kehidupan sosial sehari-hari;
·
Untuk memastikan para politisi
bener-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif,
agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan
kebijakan pemerintah yang merugikan;
·
Untuk menyebarluaskan
kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan perusahaan.
Cutlip & Center and Canfield merumuskan
fungsi Public Relations sebagai berikut:
·
Menjunjung aktifitas utama manajemen
dalam mencapai tujuan bersama (fungsi melekat pada manajemen lembaga atau
organisasi)
·
Membina hubungan yang harmonis
antara badan/organisasi dengan publiknya sebagai khalayak sasaran.
·
Mengidentifikasikan yang menyangkut
opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap badan/organisasi yang
diwakilinya atau sebaliknya.
·
Melayani keinginan publiknya dan
memberikan sumbangan saran kepada pimpinan manajemen demi untuk tujuan dan
manfaat bersama.
·
Menciptakan komunikasi dua arah
timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari
badan/organisasi ke publiknya ata terjadi sebaliknya demi tercapainya citra
positif bagi kedua belah pihak (Ruslan,1998:3II)
·
Menurut Onong Uchjana Effendy
dirumuskan fungsi PR sebagai berikut :
·
Menunjang kegiatan manajemen dalam
mencapai tujuan organisasi.
·
Membina hubungan harmonis antara
organisasi dengan publik, baik publik eksternal maupun internal.
·
Menciptakan komunikasi dua arah
timbal balik dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publik dan
menyalurkan opini publik kepada organisasi.
·
Melayani publik dan menasehati
pimpinan organisasi demi kepentingan umum.
0 Komentar Untuk "Menurut Beberpa ahli tentang Tujuan PR"
Posting Komentar